Senin, 29 Maret 2010

MENUJU PERJALANAN ABADI (park-2)


Saudaraku...!kemanapun kau akan pergi,kau pasti akan bertemu "maut". Mati adalah sebuah pintu,dan setiap yang hidup pasti melewatinya.siapapun engkau,apakah orang besar yang diagungkan,atau orang kaya yang berlimpah harta siapapun ia kalau maut sudah menjemput,kau tak dapat mengelak dan kau kan mati jua.
Mati adalah "program" Allah yang tak seorangpun dapat lari dari maut.
Dalam sebuah hadist yang diriwatyatkan Ibnu Abbas ra.diterangkan bahwa Allah swt telah menciptakan satu bangsa "malaikat rahmat" dan "malaikat azab" apabila malakul-maut akan mencabut ruh orang shaleh maka Allah menugaskan malaikat rahmad mendampingnya hingga menghadap Allah dan dalam perjalan itu mendapat pujian malaikat yang dilaluinya. Setelah menghadap Allah , malaikat rahmat diperintahkan agar membawa kembali ruh tersebut ketempat asalnya secara baik, disitu ruh bisa melihat keluarga dan familinya,dan orang yang melayatnya.mendengarkan suara mereka yang hadir. Ruh berkata "selamat tinggal dan maaf kepada ahli familinya yang hadir dan ucapan itu bisa didengar seluruh makhluk kecuali jin dan manusia.
Sebaliknya,ruh orang kafir dan pendosa setelah dicabut oleh malakul maut, ruh diserahkan kepada Malaikat azab untuk dibawa menghadap Allah swt dengan kasar,kejam dan ganas sehingga sepanjang perjalanan ruh itu menjerit,meronta kesakitan dan para malaikat lain yang dilaluinya mencela dan mengutuknya.
Setelah sampai menghadap Allah swt maka malaikat azab diperintahkan membawa ketempal asalnya dan meletakkan ditengah ruangan rumah, ruh itu melihat jasadnya dan siapa saja yang hadir melayat pada saat itu, ruh itu mohon maaf dan menyatakan penyesalan atas dosanya selama hidup. Jerit tangisnya dapat didengar seluruh makhluk kecuali jin dan manusia.(Daqaaiqul Akhbaar)

Alangkah bahagianya jika engkau tergolong orang yang beramal shaleh dan berbuat baik,tapi bagaimana jika engkau tergolong orang banyak melakukan dosa??? Terlambat dan tak berguna lagi kau bertaubat dan meminta maaf. Maka pandailah memanfaatkan waktu hidupmu untuk beribadah menjalankan perintah dan mejauhi larangan Allah.
Diriwayatkan dari junjungan kita Nabi Muhammad saw " ruh orang mukmin itu tidak akan keluar(dari jasadnya)sebelum melihat tempatnya disurga.,dan ruh orang kafir tidak akan keluar sebelum melihat tempatnya di neraka.
Para sahabat bertanya: "wahai Rasullullah..! Bagaimana mereka bisa melihat tempatnya?? Jawab Rasulullah "sesungguhnya Allah swt telah menciptakan malaikat Jibril dengan sebaik-baiknya bentuk dan memiliki 600 sayap. Diantara sayap itu terdapat dua sayap berwarna hijau apabila dibentangkan mencapai antara langit dan bumi.disayap kanan terdapat gambaran surga dan yang kiri terdapa terdapat gambaran neraka jahanam dan isinya..yakni ular,kalajengking dan malaikat Zabbaniayah.

(bersambung)

Tidak ada komentar: